Cara Menghitung 1000 Hari Orang Meninggal : mastah.org

Halo semua, dalam artikel jurnal ini kita akan membahas tentang cara menghitung 1000 hari orang meninggal. Sebelum kita masuk ke pembahasan utama, mari kita ketahui terlebih dahulu apa arti 1000 hari setelah seseorang meninggal.

Apa Arti 1000 Hari Setelah Seseorang Meninggal?

1000 hari atau lebih dikenal dengan sebutan seribu hari merupakan salah satu kepercayaan tradisional di masyarakat Indonesia. Kepercayaan ini mengatakan bahwa setelah seseorang meninggal dunia, maka keluarga dan kerabatnya harus mengadakan upacara tahlilan selama 7 hari, 40 hari, 100 hari, dan 1000 hari.

Pada hari ke-1000 setelah kematian, keluarga dan kerabatnya akan mengadakan upacara yang disebut dengan istilah “pasrah”. Upacara ini bertujuan untuk melepas sang arwah dari dunia ini dan membebaskannya dari segala ikatan duniawi. Oleh karena itu, mengetahui cara menghitung 1000 hari setelah seseorang meninggal menjadi penting bagi keluarga dan kerabatnya.

Cara Menghitung 1000 Hari Orang Meninggal

Sebelum kita membahas secara detail tentang cara menghitung 1000 hari orang meninggal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu. Pertama, gunakan kalender Gregorian karena kalender ini lebih umum digunakan di Indonesia. Kedua, pastikan anda mengetahui tanggal kematian seseorang dengan pasti.

1. Hitung Tanggal Ke-1000

Untuk menghitung tanggal ke-1000 setelah seseorang meninggal, kita cukup menambahkan 1000 hari pada tanggal kematian. Misalnya, seseorang meninggal pada tanggal 7 Februari 2021, maka tanggal ke-1000 setelah kematian adalah 4 November 2023.

2. Hitung Hari Pasar

Selanjutnya, kita perlu menghitung hari pasar pada tanggal ke-1000. Hari pasar adalah hari dalam kalender Jawa yang bersifat penting dan digunakan sebagai patokan dalam mengadakan upacara adat. Untuk menghitung hari pasar, kita bisa menggunakan tabel hari pasaran Jawa.

No Hari Pasaran Deskripsi
1 Pon Baik untuk melaksanakan upacara adat dan hajatan
2 Wage Baik untuk melaksanakan upacara adat dan hajatan
3 Kliwon Tidak baik untuk melaksanakan upacara adat dan hajatan
4 Legi Tidak baik untuk melaksanakan upacara adat dan hajatan
5 Pahing Tidak baik untuk melaksanakan upacara adat dan hajatan

Contohnya, pada tahun 2023 tanggal 4 November jatuh pada hari Sabtu. Jadi, untuk menentukan hari pasar pada tanggal tersebut, kita perlu menghitung mundur ke hari rabu kemarin, yaitu hari Wage.

3. Tambahkan 5 Hari

Setelah mengetahui hari pasar pada tanggal ke-1000, kita perlu menambahkan 5 hari lagi sebagai persiapan upacara adat. Biasanya keluarga dan kerabat yang akan mengadakan upacara adat akan mulai mempersiapkan segalanya 5 hari sebelumnya.

4. Hitung Tanggal Upacara Pasrah

Terakhir, kita bisa menghitung tanggal upacara pasrah dengan menambahkan jumlah hari pada tanggal ke-1000 dengan hari pasar dan 5 hari persiapan. Misalnya, seseorang meninggal pada tanggal 7 Februari 2021 dan ingin diadakan upacara pasrah pada hari pasar Wage. Maka, tanggal upacara pasrah adalah 9 November 2023.

FAQ

1. Apakah semua keluarga harus mengadakan upacara pasrah pada hari ke-1000?

Tidak. Upacara pasrah pada hari ke-1000 setelah seseorang meninggal adalah sebuah tradisi yang dilakukan oleh sebagian masyarakat Indonesia. Tergantung dari kepercayaan masing-masing keluarga atau kerabat yang ditinggalkan.

2. Apakah upacara pasrah selalu dilakukan pada hari pasar tertentu?

Ya. Upacara pasrah harus dilakukan pada hari pasar tertentu sesuai dengan kepercayaan dan tradisi yang berlaku. Biasanya keluarga dan kerabat akan menyesuaikan dengan hari pasar yang jatuh pada tanggal ke-1000 setelah kematian.

3. Apa tujuan dari upacara pasrah pada hari ke-1000 setelah seseorang meninggal?

Upacara pasrah pada hari ke-1000 setelah seseorang meninggal bertujuan untuk melepas sang arwah dari dunia ini dan membebaskannya dari segala ikatan duniawi. Upacara ini juga bertujuan untuk memberikan ketenangan dan kedamaian bagi keluarga dan kerabat yang ditinggalkan.

Sumber :